Dessert klasik yang Unik (Pecan Pie)

Monday, March 21, 2011
Pecan Pie


Pecan dalam bahasa indonesia berarti kemiri, jadi pecan pie adalah pie kemiri. Aneh memang tetapi ternyata tak seaneh itu disini kemiri hanya dijadikan hiasan diatasnya saja. Di Amerika Utara, kemiri banyak digunakan untuk memasak. Mereka biasa menggunakan kemiri ini untuk memberikan rasa pada makanan.

Diyakini bahwa masyarakat asli Amerika mengenalkan para pendatang Eropa kepada kemiri dan sejak saat itu masyarakat di Eropa mulai mengaplikasikannya ke berbagai jenis resep. Menurut sejarahnya para pendatang Perancis di Lousiana bertanggung jawab atas versi pertama dari pecan pie ini walaupun belum dapat dibuktikan kebenarannya.

Pecan pie merupakan jenis dessert yang manis dan biasanya dikaitkan dengan southern cooking dan masa liburan. Kemiri memang sangat mudah ditemukan dimana-mana, dan biasanya digunakan untuk memasak. Namun jika kemiri dijadikan pie memang tak lazim disini.

Bahan utamanya pecan pie adalah corn syrup dan pecans atau kemiri. Ini dikombinasikan dengan telur, gula merah, gula putih, mentega, vanilla, kayu manis dan garam untuk dijadikan filling kemudian dimasukkan kedalam pie crustnnya. Pecans atau kemiri tambahan ini diletakkan dibagian atas pie untuk tampilan yang lebih cantik. Pie tersebut kemudian dipanggang di oven dan didinginkan sebelum dipotong-potong. Biasanya potongan pie tersebut disajikan dengan fresh whipped cream.

Banyak variasi dari pecan pie itu sendiri. Chocolate pecan pie biasanya digemari anak muda, kamu bisa menambahkan bubuk espresso ke dalam coklat untuk membuatnya lebih enak. Bahkan dibeberapa resep ada yang ditambahkan whisky kedalamnya. Bisa juga dikombinasikan den gan sirup maple atau nanas untuk menambah sensasi rasa baru.

Walaupun asal dari pecan pie ini masih dipertanyakan namun tentu tidak dengan rasanya. Pecan pie merupakan dessert klasik yang sangat cocok masa liburan atau bisa juga di akhir pekan.

0 komentar:

Post a Comment